Informasi seputar pembunuhan dan fenomena bunuh diri hubunganya dengan kejiwaan atau psikologi dan kesehatan

Wednesday, 26 August 2015

5 Peristiwa Bunuh Diri Remaja yang di Picu Persoalan Asmara

Masalah asmara atau percintaan sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan remaja. Sudah waktunya persoalan asmara diperhatikan secara khusus. Baik dalam dunia pendidikan dan juga dalam kehidupan berkeluarga. Perlu ada pendekatan halus dan pembelajaran positif seputar percintaan, agar mereka tidak kebablasan dalam menjalankan hubungan percintaan. Selama ini, percintaan seolah ditabukan dengan alasan belum cukup umur, mengganggu belajar, dan lain-lain. Padahal kenyataannya, perhatian remaja terhadap percintaan sering mengalahkan kebutuhan belajar. Bahkan mengalahkan hal-hal lainnya termasuk nyawa mereka. 

aksi bunuh diri remaja karena percintaan


Kita tidak bisa menyalahkan "kebodohan" mereka begitu saja. Adakalanya mereka merasa tidak memiliki teman yang menurutnya pantas untuk berbagi. Selain itu, penabuan yang terjadi di masyarakat cenderung membuat mereka menjadi merasa terasing. Pihak sekolah cenderung menganggap hal itu sebagai kenakalan, begitu juga keluarga.  "Tidak ada yang bisa mengerti" mungkin itulah ungkapan mereka di suatu ketika. Pengaruh hubungan percintaan memang sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan kejiwaan mereka. Mereka banyak belajar dari hubungan tersebut. Tanpa perhatian khusus, tidak jarang mereka memilih jalan gelap. 


1. Karena Diputuskan Pacarnya, Hendri Nekad Bunuh Diri

Hendri berusia kurang lebih 18 tahun. Remaja Ds Sialang indah, Kec. Pangkalan Kuras, Kab. Pelalawan Riau ini diketahui warga dalam keadaan kritis akibat menenggak racun serangga. Hendri sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis, namun sayangnya nyawa Hendri tidak tertolong. Peristiwa ini terjadi pada bulan Juni tahun 2015.

Berdasarkan informasi, Hendri memutuskan bunuh diri dengan cara mengenggak racun serangga karena dipicu persoalan asmara. Konon, Hendri baru diputuskan pacarnya. Seperti pada banyak kasus, pihak keluarga sama sekali tidak mengetahui persoalan yang dialami Hendri.

2. Dian Mencoba Bunuh Diri Setelah Bertengkar dan diputuskan Pacar

Masih karena dipicu masalah serupa dengan Hendri, seorang gadis belia bernama Dian merasa putus asa dan memanjat tower lampu yang berada di sebuah stadion. Warga Pasiran, Kel. Kampung Besar, Kec. Rengat, Kab. Indragiri hulu, Riau ini mencoba mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari ketinggian kurang lebih 50 meter. Untung saja aksinya diketahui warga sekitar yang kemudian berusaha membujuknya untuk mengurungkan niatnya. Keluarganya mencoba untuk membujuknya, namun tidak berhasil. Kemudian pihak kepolisian setempat mendatangkan pacar Dian ke lokasi tersebut. Melihat kedatangan pacarnya, Dian malah pingsan di atas tower tersebut. Untung saja, beberapa orang sigap memanjat tower dan menyelamatkan Dian.

3. Karena Dilarang Pacaran, Dwiyanti Berusaha Bunuh Diri dengan Menenggak Racun Serangga

Namanya Dwiyanti. Dia adalah siswi salah satu SMK di Bangli. Dwiyanti ditemukan kritis karena menenggak racun serangga. Lain dengan Hendri, nyawa Dwiyanti masih bisa tertolong. Berdasarkan informasi, dia nekat melakukan percobaan bunuh diri karena orang tuanya melarang dia berpacaran. 

Setelah nyawanya berhasil diselamatkan, tidak berselang lama, Dwiyanti diketahui kabur dan diduga dibawa lari oleh sang pacar. Larinya Dwiyanti rupanya bukan sekali ini saja. Sebelumnya Dwiyanti pernah kabur dan dibawa lari oleh pacarnya.

4. Diputuskan kekasihnya, Siswi SMK Bunuh Diri dengan Cara Menelan Banyak Obat Flu

Dia masih kelas 1 di sebuah SMK di Kab. Ngawi. Tubuhnya ditemukan sudah terbujur kaku di rumahnya. Salah satu warga Kec. Geneng, Ngawi ini nekat bunuh diri dengan menelan obat flu sampai overdosis dan tewas. Peristiwa ini terjadi sekitar bulan April 2015.

5. Karena Dituduh Selingkuh, Simon Lomat dari Lantai III Sekolahnya

Ini terjadi di SMAN 1 Singaraja. Simon melompat dari lantai 3 gedung sekolahnya. Untuk mengetahui motif bunuh diri yang dilakukan remaja tanggung ini, pihak kepolisian memeriksa isi tasnya dan menemukan buku catatan harian korban. 

Melalui buku catatan tersebut, terdapat gambaran kegelisahan yang dialami Simon. Rupanya Simon merasa gerah karena dituduh selingkuh oleh pacarnya. Selain itu, ditemukan pula sepucuk surat yang terselip diantara lembaran catatan harian tersebut. Surat itu sepertinya baru saja ditulis Simon menjelang aksi bunuh dirinya dilakukan. 

Isi surat itu adalah sebagai berikut. 
Dear Indy, agak lama kita pacaran, yang hanya 2 minggu lamanya ini. Kau ingat aku nembak kamu pertama malam itu Rabu 29 Juli 2015 pukul 18.48. Aku sayang kamu. Hari ini 12 Agustus aku sudah tidak ada.
Maaf, hanya karena DP yang sama, jadi aku janjian gitu? Aku gak bakal selingkuh sayang. Aku sayangnya cuman sama kamu, gak ada yang lain. Aku tidak ada waktu lagi ndy, tolong ucapin selamat tinggal ama keluarga aku ya.

***

Betapa mereka sangat serius menanggapi persoalan percintaan yang dialami sampai-sampai rela mengorbankan masa depannya dengan cara bunuh diri. Baca mengenai gejala Bipolar sebagai salah satu pemicu tindakan bunuh diri


5 Peristiwa Bunuh Diri Remaja yang di Picu Persoalan Asmara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iik Radit

0 comments:

Post a Comment