Informasi seputar pembunuhan dan fenomena bunuh diri hubunganya dengan kejiwaan atau psikologi dan kesehatan

Friday, 4 September 2015

Orang Gemuk dan Orang Kurus Sama-sama Beresiko Bunuh Diri

Obesitas atau kelebihan berat badan sering dianggap sebagai suatu bencana bagi penderitanya karena biasanya banyak penyakit mudah bersarang di tubuh penderita selain itu, secara psikologis juga cukup mudah membuat orang merasa putus asa dan akhirnya bunuh diri. Sebut saja serangan jantung dan stroke, yang merupakan penyebab kematian yang cukup sering di dunia, dan rasa minder yang kemudian bisa mendorong seseorang untuk mengakhiri hidupnya. Namun, semuanya ada hikmahnya. Ternyata obesitas justru memiliki kelebihan lain dibanding orang dengan badan kurus. Baik perihal penyakit mematikan ataupun kecenderungan bunuh diri.

Orang Kurus Lebih beresiko Terserang Penyakit Mematikan dan Bunuh Diri

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Canada menunjukkan bahwa orang dengan kelebihan berat badan lebih kurang memiliki resiko kematian dibanding orang kurus. Penelitian tersebut menemukan orang kurus beresiko 1,8 kali terhadap kematian, sementara penderita kelebihan berat badan hanya 1.2 kali!

Bukan hanya obesitas yang rentan terhadap penyakit mematikan, orang kurus juga ternyata cukup rentan terhadap penyakit mematikan seperti jantung dan paru-paru. Selain itu, orang kurus lebih banyak memiliki resiko terjatuh dan mengakibatkan banyak luka akibat kurang massa otot. Secara psikologis, orang kurus juga rentan depresi yang kemudian banyak memicu aksi bunuh diri. 

Baca juga: 5 Peristiwa Bunuh Diri Remaja Akibat Persoalan Asmara

kurus gemuk sama beresiko bunuh diri

Peneletian yang dilakukan saat ini lebih banyak tertuju pada kelebihan berat badan, sementara kekurangan berat badan seperti luput dari perhatian. Padahal akibatnya juga cukup mematikan bagi penderita. Beberapa faktor penyebab kekurangan bobot tubuh diantaranya karena kurangnya gizi, kecanduan narkoba, alkohol, atau rokok, faktor ekonomi, dan kelainan mental. 

Tidak ada yang lebih baik, antara kelebihan berat badan dan kekurangna berat badan. Studi para ahli menunjukkan hal tersebut di atas. Keduanya sama-sama beresiko terserang berbagai penyakit yang mematikan. Yang terbaik adalah memiliki tubuh ideal! Rajin-rajinlah mengontrol berat badan anda. Ketahui Bagaimana cara menghitung berat badan ideal. Menghitung berat badan ideal bisa anda lakukan sendiri dirumah. Jika anda menemukan bahwa anda memiliki kelebihan berat badan ataupun kekurangan berat badan, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter lebih tahu mengenai apa yang harus anda lakukan dan jangan anda lakukan.

Bunuh diri bukanlah sebuah solusi. Jangan putus harapan. 


Orang Gemuk dan Orang Kurus Sama-sama Beresiko Bunuh Diri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iik Radit

0 comments:

Post a Comment